Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BekasiBeritaUncategorized

Ketua Calon Karang Taruna Desa Serang Tuding Persyaratan Dukungan 30% “Cacat Hukum 

205
×

Ketua Calon Karang Taruna Desa Serang Tuding Persyaratan Dukungan 30% “Cacat Hukum 

Sebarkan artikel ini

Hotnet News.co.id || Bekasi- Sejumlah Bakal Calon (Balon) Ketua Karang Taruna (Katar) Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan, menuding persyaratan dukungan 30 persen dari 78 Daftar Peserta Pemilih yang sudah ditentukan panitia cacat hukum, karena tidak berdasarkan AD/ART organisasi Karang Taruna nasional.

Hal tersebut disampaikan dua Balon Ketua Katar Desa Serang, Ahmad Affandi dan Rifky Fatur Rahman, saat memberikan keterangan kepada para awak media di kediamannya, Kampung Cijingga, Desa Serang, Jumat (7/6/2024).

Dikatakan Affandi, dirinya sudah mengirimkan surat pernyataan keberatan terhadap persyaratan seleksi calon Ketua Katar Desa Serang tersebut, kepada panitia seleksi yang sekarang ini diambil alih oleh Katar Kecamatan Cikarang Selatan, pada tanggal 7 Juni 2024.

“Dengan adanya persyaratan surat dukungan ini, proses demokrasi terbuka terkesan tercederai, karena pemilih sudah harus terang-terangan memberikan dukungan sebelum pemilihan sebenarnya,” tegasnya.

Affandi melihat persyaratan ini dapat menghalangi calon yang potensial, tetapi belum dikenal luas untuk maju. Sebaliknya, calon yang sudah memiliki pengaruh besar akan lebih mudah mendapatkan dukungan awal, yang tidak mencerminkan aspirasi seluruh anggota pemilih.

Jika tujuan Musyawarah Warga Karang Taruna (MWKT) adalah untuk memilih Ketua Karang Taruna secara demokratis, lanjut dia, maka proses seleksi seharusnya memungkinkan semua Balon yang memenuhi syarat sesuai AD/ART untuk maju tanpa memerlukan dukungan awal.

“Kami meminta panitia seleksi mempertimbangkan kembali persyaratan tambahan tersebut dan kembali kepada regulasi yang telah ditetapkan dalam AD/ART, guna menjamin pemilihan yang adil, terbuka dan demokratis,” paparnya.

Di tempat yang sama, Balon Ketua Katar Desa Serang yang lain, Rifky Fatur Rahman, menjelaskan jika 78 orang yang masuk Daftar Peserta Pemilih diduga memiliki hubungan keluarga dengan Ketua RT, RW dan Kepala Dusun di wilayah Desa Serang.

Dirinya pun menilai jika hal tersebut diduga merupakan upaya penggiringan dukungan kepada Balon Incumbent Ketua Katar Desa Serang, Yoman Yudistira, untuk kembali menjabat menjadi Ketua Katar Desa Serang. Dimana Pemerintahan Desa (Pemdes) Serang juga sudah mengumpulkan Ketua RT dan RW untuk mendukung Balon Incumbent, saat kegiatan Desa Serang.

“Memangnya enggak ada tokoh pemuda yang lain di Desa Serang yang memilih hak pilih, kenapa harus anak Ketua RT, RW, Kaur atau Kadus. Bahkan, kami mendapatkan informasi jika Balon Incumbent diduga telah membagikan uang kepada seluruh peserta yang mempunyai hak pilih,” tandasnya.

Sementara itu, saat para awak media mencoba untuk melakukan konfirmasi ke panitia seleksi Calon Ketua Katar Desa Serang melalui telepon dan pesan Whatsapp Messenger, pihak panitia seleksi tidak merespon konfirmasi para awak media.

(Suganda).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *