Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaKab. MeranginNasional

Pj Bupati Merangin Ikuti Musrenbangnas 2024 di Jakarta

90
×

Pj Bupati Merangin Ikuti Musrenbangnas 2024 di Jakarta

Sebarkan artikel ini

H Mukti: Pembangunan Daerah Selaras Nasional

Hotnet News.co.id || Merangin Jambi,  Pembangunan yang direncanakan di daerah harus selaras dan benar-benar mengacu kepada pembangunan nasional, sehingga arahnya menjadi sama dan saling menopang.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Pj Bupati Merangin H Mukti, usai mengikuti jalannya Musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrenbangnas) 2024, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Senin (06/5).

Baik arahan Presiden Joko Widodo maupun para Menteri yang hadir pada Musrenbangnas tersebut jalas Pj bupati, menekankan pada keselarasan daerah degan Pemerintah Pusat itu harus betul-betul dijaga dalam melaksanakan pembangunan.

‘’Jadi program-program pembangunan ke depan lebih ke tematik. Artinya program-program kegiatan pembangunan harus fokus dan dikeroyok rame-rame sehingga bisa lebih cepat tuntas,’’ujar Pj Bupati Merangin.

Jika ruang fiscal daerah sempit lanjut H Mukti, maka daerah-daerah didorong untuk membuat invasi-inovasi, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) diharapkan kedepan lebih besar.

‘’Pada Musrenbangnas itu para kepala daerah diharapkan untuk membuat inovasi-inovasi. Daerah juga jangan tergantung dengan dana transfer, walau dana transfer menjadi dana utama Pemerintah Daerah,’’terang H Mukti.

Terpisah, Kepala Bappeda Merangin Agus Zainuddin menambahkan, di Kementerian Keuangan RI ada mandat pada kebijakan-kebijakan dana transfer, khususnya di Dana Alokasi Umum (DAU).

‘’Jadi untuk penggunaan DAU ini kita dibandatkan agar dipersiapkan dengan baik dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin, sehingga tidak ada yang keluar dari arahan Menteri Keuangan RI,’’ujar Agus Zainuddin.

Selain itu lanjut Agus Zainuddin, penguatan infrastruktur jalan harus betul-betul terintegrasi dengan Pemerintah Pusat. Ketika Pemerintah Daerah tidak punya dana, Pemerintah Pusat punya pendanaan lainnya.

‘’Penggunaan DAK harus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Pemerintah Daerah diminta meningkatkan kondisi jalan-jalan di daerah, sebab tidak hanya DAK saja yang bisa digunakan, tapi juga ada dana Impres yang bisa diambil, itu arahan dari Menteri PPN/Kepala Bappenas,’’terang Agus Zainuddin.

Musrenbangnas 2024 dibuka Presiden RI Joko Widodo, dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Tampak hadir, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Selain itu hadir juga, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan seluruh gubernur, bupati/walikota seluruh Indonesia, termasuk Gubernur Jambi H Al Haris dan para bupati-walikota se-Provinsi Jambi.

(Yahya/Oleng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *