Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaKab. BungoLingkunganPeristiwa

Warga Temukan Limbah Pabrik Kelapa Sawit Mengalir ke Sungai

613
×

Warga Temukan Limbah Pabrik Kelapa Sawit Mengalir ke Sungai

Sebarkan artikel ini

Hotnet News.co.id || Bungo, Warga disekitaran pabrik sawit PT SMS di Desa Giri Purno Kec. Rimbo Ilir Kab Tebo menemukan limbah perusahaan mengalir ke Sungai Alai akibat pabrik kelapa sawit yang dengan sengaja membuang limbah pabrik Tersebut ke Sungai Yang menyebabkan banyak ikan mati dan bau tak sedap.

Berdasarkan temuan dan laporan masyarakat,”Kami tim investigasi telah turun ke lokasi, mengecek langsung,” memang benar apa yang di sampaikan masyarakat setempat, terkait dengan pembuangan limbah pabrik tersebut.

Saat di konfirmasi salah satu dari warga Desa Giri Purno yang tidak mau di sebutkan nama nya, mereka mengatakan bahwa Pabrik tersebut sengaja membuang limbah nya ke Sungai.

Dan di tanam sayuran kangkung sebagian  di tutupi dengan coran semen karena sebelumnya terlihat banyak ikan yang mati.dan bauk yang menyengat Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja oleh pemerintahan

Pemerintah sebaiknya memberikan sanksi tegas.

Sejumlah warga yang berada di lingkungan perusahaan sepakat meminta instansi terkait mengecek dan mengambil tindakan keras terhadap PT SMS. Jika perlu menghentikan operasionalnya bila tidak taat aturan.

Karena dampak limbah sangat berbahaya bagi manusia dan Kelangsungan Ekosistem.

Sepanjang Sungai Alai menjadi tercemar,  susah untuk dijernihkan kembali. Mestinya pihak perusahaan menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat agar tidak terjadi konflik., jika perusahaan melanggar aturan dan kesepakatan, sebaiknya diproses secara hukum, selain memberikan efek jera juga agar tidak merugikan banyak pihak kedepannya.

Mereka jelas tidak taat aturan. Instansi terkait dan penegak hukum harus menyikapi semua laporan masyarakat sehingga hal serupa tidak terulang lagi. Lakukan studi kelayakan untuk bisa beroperasinya sebuah pabrik.

Selain itu diharapkan tidak ditemukan lagi ada perusahaan yang membuang limbah sembarangan, baik ke sungai maupun pemukiman Hasil dari tim investigasi telah

mengumpulkan data akurat, “photo” dan dokumen pendukung agar bisa dibawa keranah hukum, Sesuai dengan peraturan menteri lingkungan Hidup.

Berkaitan dengan limbah PT SMS yang mencemari Sungai Alai, pihak perusahaan belum dapat diminta keterangan.

(Susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *