Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BekasiBerita

Gelar Pembinaan Karang Taruna Kecamatan Cikarang Timur, Ali Umar Serius Jalankan Amanah Camat Ropi ST.,KP

69
×

Gelar Pembinaan Karang Taruna Kecamatan Cikarang Timur, Ali Umar Serius Jalankan Amanah Camat Ropi ST.,KP

Sebarkan artikel ini

Hotnet News.co.id || Bekasi, Sedikitnya 50 karang taruna desa se-Kecamatan Kecamatan Cikarang Timur yang terdiri dari para pengurus Karang Taruna Kecamatan Cikarang Timur dan Desa se-Kecamatan Cikarang Timur. Pada momen itu, Ropi, Camat Cikarang Timur menekankan kepada seluruh karang taruna agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman serta serius dalam mengentaskan permasalahan sosial di lingkungan.

Dalam kegiatan pembinaan kepemudaan bagi karang taruna yang digelar di aula Kecamatan Cikarang Timur, Kamis (30/05) pagi. Juga turut mengundang Acep Juandi selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi dan narasumber yakni Hamdan Arrasyid selaku OKK karang taruna Kabupaten Bekasi, yang aktif menjadi asesor organisasi dan keanggotaan lembaga . Selain itu di undang juga dan dihadiri oleh staf pemerintah desa se-Kecamatan Cikarang Timur.

Kegiatan pembinaan fokus pada tekhnis dan mekanisme musyawarah warga karang taruna untuk membetuk kepengurusan yang mengacu pada AD/ART, Permensos dan Perbup sebagai landasan. Dalam hal tersebut Camat Ropi mengungkapkan, di tengah perkembangan dunia teknologi dan informasi yang begitu cepat serta saat ini Kecamatan Cikarang Timur sudah masuk pada era revolusi industri yang termasuk dalam wilayah kawasan industri. Maka Ia menilai, bagaimana para karang taruna dapat melihat celah dalam membangun keterampilan dan penguatkan SDM manusia khususnya pemuda agar mampu mengentaskan pengangguran serta kemiskinan.

“Tantangannya bagaimana pemuda sesuaikan dengan situasi seperti ini. Nah makanya karang taruna salah satunya harus bisa menjadi pelopor bagi kemajuan pemuda dan daerah. Jadi karang taruna harus punya sistem, bagaimana caranya menampilkan skil dan menjalin koordinasi dan kerjasama dalam perluasan kesempatan kerja,” jelasnya.

Ali Umar, ketua Karang Taruna Kecamatan Cikarang Timur, menanggapi apa yang di amanahkan Camat Ropi kepada Karang Taruna Kecamatan Cikarang Timur.

“Terimakasih kepada Pak Ropi selaku Camat Cikarang Timur yang sudah memberikan dukungan penuh kepada kami (karang taruna Kecamatan Cikarang Timur_red), kita akan lakukan dengan serius untuk mengentaskan pengangguran dan persoalan sosial lain, makannya dalam waktu dekat ini kita akan lakukan evaluasi kepada beberapa pengurus Desa yang masih panjang masa baktinya untuk membuat program kerja khusus untuk ketenaga kerjaan dan keterampilan dan bagi yang masa baktinya sudah habis akan secepatnya kita lakukan musyawarah warga, langkah awalnya kita akan rapihkan administrasi kepengurusan di Desa,” bebernya.

Selain itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi, Acep Juandi atau yang akrab di sapa Bung Leo mengatakan, kader Karang Taruna harus bisa menjadi pendorong dan memiliki sikap leadership bagi pengurus dan warga karang taruna dalam berkontribusi dalam pemerintah daerah dan serta membangun pemuda yang memiliki kepekaan sosial.

“Kita punya slogan Adhitya Karya Mahatva Yodha, Adhitya artinya cerdas, Karya yaitu pekerjaan atau keterampilan, Mahatva itu terhormat, Yodha artinya pejuang. Jadi secara keseluruhan artinya karang taruna itu adalah lembaga yang didalamnya di isi oleh orang orang pejuang yang berkepribadian baik, berpengetahuan dan terampil,” ungkapnya.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa ekonomi dan keuangan digital, telah menjadi salah satu bantalan perekonomian Asia Tenggara termasuk di Indonesia, yang itu mulai berkembang dengan pesat saat Pandemi Covid-19 sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru dan ini menjadi kiprahnya Pandemi Covid-19.

Lanjut Ikfina, dari data yang menunjukkan terdapatnya 21 juta digital customer baru sejak Pandemi Covid-19 muncul, dimana 72 persen dari kota besar. Serta konsumen lama akan melakukan transaksi 4 kali lebih banyak dari tahun sebelumnya. Maka Ia menilai, para peserta karang taruna harus tetap belajar, karena kedepannya pasar digital akan semakin menguasai perekonomian negara bahkan dunia.

“Bagaimana caranya mengambil gambar yang bagus untuk diupload, kemudian kata-kata apa yang harus ditulis disitu. kemudian nanti ketika orang ngeklik itu produk kita akan muncul. Nah ini kan ada trik-triknya itu yang harus dipelajari,” jelasnya.

Leo juga menghimbau, kepada para karang taruna, agar selalu produktif dan berfikir positif. Serta pentingnya suatu ilmu dan skill dalam melakukan mitigasi dan estimasi dalam menghadapi suatu permasalahan-permasalahan.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Hamdan yang memaparkan tatacara dalam musyawarah warga yang sesuai dengan aturan dalam AD/ART serta memaparkan tugas dan fungsi dalam bidang dalam kepengurusan karang taruna.

 

(Badru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *