Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaKab. TeboNasional

Kopertais Wilayah XIII Jambi Gelar Sosialisasi Pokja Penulisan Artikel Ilmiah dan PKM di Kampus IAI Tebo

378
×

Kopertais Wilayah XIII Jambi Gelar Sosialisasi Pokja Penulisan Artikel Ilmiah dan PKM di Kampus IAI Tebo

Sebarkan artikel ini

Hotnet News.co.id || Muara Tebo, INSTITUT AGAMA ISLAM TEBO Laksanakan kegiatan SAFARI ILMIAH KOPERTAIS XIII JAMBI Sosialisasi Pokja Penulisan Artikel Ilmiah dan PKM Dalam Rangka Tindak Lanjut Kolaborasi Penelitian Internasional (Matching Research Scheme), Minggu (09/06/2024).

Koordinator Kopertais Wilayah XIII Jambi diwakili oleh Wakil Koordinator Kopertais Wilayah XIII Jambi, Dr. Muhamad Taridi, M.Pd, melanjutkan sosialisasi Kelompok Kerja (Pokja) Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kunjungannya ini dalam rangka safari ilmiah, bertujuan mensosialisasikan Pokja penulisan proposal ilmiah dan PKM sebagai tindak lanjut kolaborasi penelitian internasional melalui Matching Research Scheme.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III Bapak H. Sarbawi, M.Pd.I mewakili Rektor, hadir juga Wakil Rektor II Ibu Apriany Hernida, M.H, Dekan, Ketua LPM, Humas, Ketua dan Sekretaris Prodi, serta para dosen yang aktif menulis penelitian ilmiah. Para peserta mengikuti acara dengan penuh antusias, terutama terlihat pada sesi tanya jawab. Dalam sambutannya, Warek III menyambut baik program Safari Ilmiah ini dan berharap kegiatan ini memberikan manfaat signifikan bagi para dosen, khususnya di IAI Tebo.

Dalam pemaparannya, Dr. Taridi menyoroti pentingnya penelitian sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ia menekankan bahwa dosen perlu memahami berbagai tahapan masalah terkait penulisan proposal penelitian agar dapat menghasilkan tulisan yang layak untuk disubmit. Pembentukan Pokja dinilai krusial sebagai wadah yang menampung tulisan-tulisan dosen di Kopertais Wilayah XIII Jambi, memudahkan tindak lanjut kolaborasi penelitian internasional di masa depan.

Dengan adanya Pokja, tulisan-tulisan yang masuk akan di-review terlebih dahulu, memastikan hanya karya terbaik yang akan dikirim untuk kolaborasi penelitian. Dr. Taridi juga mengungkapkan rencana kolaborasi dengan beberapa negara, seperti Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam, di mana ia sudah memiliki mitra penelitian di ketiga negara tersebut.

Dirinya berharap agar para dosen untuk segera mengirimkan karya tulis mereka guna mendukung kolaborasi internasional ini.

Di akhir pemaparannya, Dr. Taridi memberikan dorongan kepada para dosen untuk terus menulis dan berpartisipasi aktif dalam kolaborasi penelitian internasional. Ia menekankan bahwa momentum ini merupakan peluang besar bagi dosen-dosen PTKIS. Jika proposal yang diajukan berhasil lolos seleksi, para dosen berpotensi melakukan kunjungan ke negara-negara mitra penelitian tersebut.

Taridi menambahkan bahwa langkah ini merupakan terobosan baru dalam menyikapi kekosongan wacana akademis dan keilmiahan di kampus PTKIS. Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara Wakil Koordinator Kopertais Wilayah XIII Jambi, Wakil Rektor, Dekan, Ketua LPM, Humas, Ketua dan Sekretaris Prodi, serta para dosen.

(Jupri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *