Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaKab. Batang HariKulinerProvinsi Jambi

Tak Hanya TEMPOYAK, KEBUL Juga Menjadi Pilihan Untuk Oleh-oleh dari Jambi

794
×

Tak Hanya TEMPOYAK, KEBUL Juga Menjadi Pilihan Untuk Oleh-oleh dari Jambi

Sebarkan artikel ini

Hotnet News.co.id || Jambi (Batanghari) Tak hanya tempoyak Jambi juga memiliki oleh-oleh unik yang dapat dibawa pulang oleh para pelancong. Oleh-oleh khas Jambi juga menggambarkan kekayaan alam setempat karena kebanyakan dibuat dari bahan baku di Jambi.

Ragam oleh-oleh tersebut bahkan ada yang bertahan lebih dari satu bulan. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Jambi yang menggunakan bahan baku dari buah kelapa.

Wahyu Rahmiati salah satu pelaku UMKM Batanghari yang memiliki usaha keripik kelapa bulian atau biasa di sebut oleh masyarakat Jambi KEBUL. Kebul adalah salah satu oleh-oleh dari provinsi Jambi yang menggunakan bahan baku buah kelapa.

Untuk saat ini kebul sudah familiar di kalangan masyarakat UMKM Jambi yang mana kebul adalah salah satu wirausaha unggulan Bank Indonesia provinsi Jambi atau di singkat WUBI angkatan tahun 2023 lalu.

Kebul juga telah di bantu promosi oleh beberapa pejabat publik seperti zulva Fadhil ketua dekranasda Batanghari, Anita Yasmin ketua DPRD kabupaten Batanghari, Hasbi Ansory anggota DPR RI , ratu Munawaroh mantan istri gubernur Jambi periode 1999 SD 2010, Hesti Haris ketua dekranasda provinsi Jambi hingga influencer Jambi.

Anita Yasmin selaku ketua DPRD kabupaten Batanghari mengatakan kebul atau keripik kelapa bulian baru pertama kali di dengar nya dan unik untuk di jadikan oleh-oleh.

“Baru tau kalau kabupaten Batanghari punya produk yang unik seperti kebul, nanti kalau ada kunjungan dinas perlu kita bawak untuk sovenir khas Batanghari” ungkap nya

Sebelum nya juga ketua dekranasda kabupaten Batanghari zulva Fadhil pernah mengatakan bahwa kebul cocok untuk di jadikan oleh-oleh kabupaten Batanghari.

“Nanti kebul ini kita masukkan di pusat oleh-oleh Batanghari dan di jadikan sovenir saat ulang tahun kabupaten Batanghari” imbuhnya.

Saat di kunjungi awak media hotnetnews Wahyu Rahmiati mengatakan usaha yang telah di bangun sejak tahun 2017 lalu sudah menjalani banyak proses hingga sampai ke titik ini.

“awalnya saya mulai usaha ini banyak cobaan nya mas, Alhamdulillah di tahun 2022 kemarin baru mulai kelihatan hasilnya, sudah lebih setahun kita kerjasama untuk promosi dengan Radio Batanghari permai ( BHP ) jadi lebih mudah menyampaikan informasi tentang kebul” jelasnya.

Keripik kelapa bulian atau kebul ternyata sudah di jadikan oleh-oleh atau sovenir untuk tamu undangan saat ulang tahun kabupaten Batanghari sejak tahun 2022 lalu melalui dinas perdagangan UKM dan koperasi ( disdakop ) kabupaten Batanghari.

“Kalau mau nyari kebul kita sudah tersedia di pusat oleh-oleh kota Jambi, toko toko Bakrie, hingga beberapa swalayan yang ada di Batanghari dan ke rumah kebul juga bisa di muara Bulian” tutup nya.

( Haulian Hasibuan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *