Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
BeritaKab. BungoPemerintah

Ketahanan Pangan Desa Pemekaran Sumber Makmur Unit 11 Tahun Anggaran 2023 Pengadaan Kambing

302
×

Ketahanan Pangan Desa Pemekaran Sumber Makmur Unit 11 Tahun Anggaran 2023 Pengadaan Kambing

Sebarkan artikel ini

Hotnet News.co.id || Bungo, Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa Pasal 34 ayat (2), bahwa Pemerintah Desa menganggarkan kegiatan ketahanan pangan dan hewani sesuai dengan karakteristik dan potensi Desa.

Untuk program ketahanan pangan dan hewani itu sendiri sebagaiman diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa adalah termasuk dalam kategori prioritas yang diarahkan bagian program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa dalam rangka untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan (SDG’s ke-2).

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Pemerintah Desa Sumber Makmur melakukan program ketahanan pangan yaitu peternakan kambing. Di mana Pemerintah Desa menyerahkan Bibit Ternak Kambing sebanyak 12 Ekor, (jantan 2 betina 10 ekor). Adapun jumlah penerima manfaat sebanyak 1 Kelompok, Tapi belum di ketahui, satu Kelompok terdiri dari berapa orang.

Sangat disayangkan, Kambing yang di berikan ke kelompok itu, belum ada surat keterangan Sehat dari Dinas Peternakan.sehingga kambing yang ada saat ini hanya 11, karena satu kambing jantan nya mati.

Dan juga seharusnya nya kambing yang di beli menggunakan Dana Desa, bukan cuma hanya 12 Ekor, melainkan lebih dari yang sudah di Realisasikan ke Kelompok. Saat di Konfirmasi Media ini ke Bendahara Desa Tersebut,”ia mengatakan bahwa akan ada penambahan untuk kambing kelompok,”Pungkas nya.

Karena PJ Kades Sumber Makmur tidak bisa di hubungi/tidak mau mengangkat HP saat di Telvon,juga tidak mau membalas WA. Maka dari itu kami dari awak media hanya bisa konfirmasi dengan Bendahara nya saja.

sampai berita ini di terbitkan, Desa Sumber Makmur belum melakukan penambahan terhadap kambing yang akan di serahkan ke kelompok tersebut.

Kau berharap kepada Instansi terkait agar memantau Desa Sumber Sari untuk betul betul merealisasikan Dana Desa,terkhusus Ketahanan Pangan dalam pengadaan Kambing.

Bantuan ini bukanlah bantuan cuma-cuma, namun harus mempunyai tanggung jawab bersama didalam pemeliharaan dan lain sebagainya.

(Susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *